Salah satu pertanyaan yang mungkin muncul di pikiran kamu adalah: Berapa biaya minimal membuat website WordPress? Meskipun core dari WordPress itu free, biaya website sepenuhnya bergantung pada tujuan kamu.

Pada artikel ini, kami akan menguraikan semuanya untuk menjawab pertanyaan: Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat website WordPress? Kami juga akan menunjukkan cara menghindari pengeluaran berlebihan saat membuat website.

Ini adalah artikel yang panjang, dan itulah mengapa kami membuat daftar isi. Inilah yang akan kami bahas pada artikel ini.

Apa kebutuhan kamu membuat website WordPress?

WordPress itu gratis untuk diunduh dan digunakan siapa saja. Ini adalah perangkat lunak open source yang memberi kamu kebebasan untuk menginstallnya di website apa pun.

Jadi jika WordPress gratis, lalu dari mana biayanya?

Biaya website WordPress dapat dipecah menjadi beberapa kategori:

  • Web hosting
  • Nama domain
  • Desain atau tema
  • Plugin dan Ekstensi (Aplikasi)

Untuk membuat website WordPress yang dihosting sendiri (self-hosted), kamu memerlukan web hosting untuk menyimpan file. Setiap website di internet membutuhkannya. Ini adalah rumah untuk website kamu di internet.

Ada berbagai paket hosting yang tersedia untuk semua jenis website. Kamu harus memilih satu yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang kamu miliki.

Selanjutnya, kamu memerlukan nama domain. Ini akan menjadi alaman website kamu di internet, dan inilah yang akan diketik pengunjung kamu di browser untuk membuka website kamu (misalnya google.com, atau dityawp.com).

Dengan WordPress, ada banyak sekali template website gratis yang dapat kamu gunakan. Namu, jika kamu menginginkan sesuatu yang lebih canggih/custom, maka kamu dapat membeli template premium tetapi bisa menaikkan biaya.

Ada 50.000 lebih plugin gratis untuk WordPress. Ini adalah aplikasi dan ekstensi untuk website kamu. Pikirkan fitur seperti formulir, galeri, dan lain-lain.

Jadi, meskipun kamu membuat website hanya dengan biaya hosting dan domain, berdasarkan situasi kamu, kamu mungkin juga harus membayar tools dan layanan tambahan. Itu sebabnya sering membingungkan orang untuk mengetahui biaya sebenarnya dari website WordPress.

Biarkan kami memandu kamu menjawab pertanyaan berapa biaya minimal membuat website WordPress.

Memperkirakan biaya minimal membuat website WordPress

Bergantung pada kebutuhan kamu, biaya untuk memulai website WordPress dapat berkisar dari 500 ribu sampai 5 juta, 15 juta, 30 juta atau lebih.

Penting untuk mengetahui jenis website apa yang kamu buat, dan apa yang kamu perlukan untuk itu karena itu akan secara langsung memengaruhi anggaran.

Tapi jangan khawatir, kami akan menunjukkan cara menghindari bencana keuangan dan memutuskan keputusan terbaik.

Demi artikel ini, mari kita urai biaya website ke dalam kategori yang berbeda:

  • Membuat website WordPress dengan anggaran minimal
  • Membuat website WordPress dengan lebih banyak fitur
  • Membuat website WordPress untuk bisnis kecil
  • Membuat website eCommerce dengan WordPress

Sekarang mari kita lihat berapa biaya masing-masing project ini dan bagaimana kamu dapat menghindari pengeluaran berlebih yang tidak diperlukan.

Berapa biaya anggaran website paling minimal?

Kamu dapat membangun website WordPress yang berfungsi penuh untuk kamu sendiri dan menjaga biaya di bawah 750 ribu selama setahun. Berikut adalah rincian biaya untuk website WordPress dengan biaya anggaran paling minimal.

Pertama, kamu memerlukan nama domain dan web hosting.

Sebuah nama domain biasanya memerlukan biaya paling mahal 165 ribu per tahun, dan web hosting biasanya berkisar 500-750 ribu per tahun.

Beruntung, DewaBiz salah satu penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia. Menawarkan nama domain gratis kepada pengunjung, dan diskon sampai 75% untuk web hosting.

Untuk rekomendasi hosting lainnya, nantikan panduan kami tentang cara memilih hosting WordPress terbaik.

Selanjutnya, kamu perlu menginstall WordPress di akun web hosting kamu. Lihat juga panduan kami tentang cara memulai blog dengan WordPress untuk instruksi lengkap.

Setelah kamu menginstall WordPress, kamu dapat memilih desain untuk website kamu menggunakan template gratis.

Template desain ini disebut tema WordPress, dan mereka mengontrol tampilan website kamu.

Ada ribuan tema gratis yang dirancang secara profesional tersedia untuk WordPress yang dapat kamu install.

Setelah kamu memilih template WordPress, ikuti petunjuk dalam panduan kami tentang cara menginstall tema WordPress.

Selanjutnya, kamu mungkin ingin menambahkan fitur tertentu ke website kamu seperti form kontak, galeri foto, slider dan lain-lain. Jangan khawatir, ada lebih dari 50.000 plugin WordPress yang akan membantu kamu melakukannya.

Plugin itu seperti aplikasi atau ekstensi untuk website WordPress. Lihat panduan kami tentang cara menginstall plugin WordPress.

Di bawah ini adalah beberapa plugin WordPress penting yang harus kamu install di website kamu. Semuanya tersedia secara gratis.

Features

  • Fluent Formsmembuat form kontak ke website WordPress kamu.
  • AddToAny Share Buttonsplugin social sharing WordPress yang tidak memperlambat website kamu.
  • Elementormembuat landing page khusus dengan mudah untuk website kamu tanpa kode apa pun.

Website Optimization

  • SEOPressoptimasi SEO WordPress kamu dan dapatkan lebih banyak trafik dari Google.
  • Google Site Kit – memungkinkan kamu untuk mengakses berbagai tool webmaster Google.
  • WP Super Cache – meningkatkan kecepatan website kamu dengan menambahkan cache (alternatif lain: LiteSpeed Cache).

Website Security

  • UpdraftPlusplugin backup WordPress gratis.
  • Sucuri – malware scanner WordPress gratis.

Ada banyak lagi plugin WordPress gratis untuk menambahkan fitur dan memperluas website WordPress kamu. Kami sedang mereview plugin apa saja yang sebaiknya kamu coba gunakan, dan akan segera ditulis dalam artikel list plugin WordPress terbaik.

Total biaya: 500 – 900 ribu setahun.

Berapa biaya website dengan lebih banyak fitur?

Kami selalu merekomendasikan kamu untuk memulai dari yang kecil dan kemudian menambahkan lebih banyak fitur seiring bertumbuhnya website. Dengan cara ini kamu tidak akan membayar apa pun yang tidak benar-benar kamu butuhkan.

Saat menambahkan lebih banyak fitur ke website kamu, biaya website akan mulai meningkat.

Kamu dapat tetap menggunakan DewaBiz untuk web hosting agar biaya tetap rendah dan mendapatkan nama domain gratis.

Namun, karena kamu akan menambahkan lebih banyak fitur ke website, mungkin masuk akal untuk menggunakan hosting yang lebih powerfull seperti Cloudways (pembayaran menggunakan USD). Ini akan dikenakan biaya sedikit lebih banyak, tetapi dilengkapi dengan fitur premium seperti staging, kinerja lebih cepat, dan dapat menangani hingga 300.000 visitor per bulan.

Kamu juga dapat menggunakan template WordPress premium untuk webiste kamu. Tidak seperti template WordPress gratis, template ini hadir dengan fitur tambahan dan support prioritas. Apabila kamu kebingungan dalam memilih, kami akan membuat artikel tentang rekomendasi tema WordPress terbaik.

Untuk lebih banyak fitur website, kamu perlu menggunakan kombinasi add-on plugin gratis + berbayar.

Berikut adalah beberapa plugin dan ekstensi WordPress premium penting yang kamu perlukan seiring dengan pertumbuhan website kamu:

Features

  • Fluent Forms (Pro) – menambahkan drag & drop form builder ke website WordPress.
  • WP Rocket – plugin caching WordPress premium untuk mempercepat website kamu.
  • Elementor (Pro) – menambahkan drag & drop website builder ke website WordPress.
  • Fluent SMTP – meningkatkan pengiriman email dan perbaikan masalah WordPress tidak bisa mengirim email.

Marketing

  • Mailchimp – Salah satu penyedia layanan email marketing terbaik.
  • Google Site Kit – memungkinkan kamu untuk mengakses berbagai tool webmaster Google.
  • SEOPress Pro + Insights – meningkatkan peringkat SEO webiste.
  • FluenctCRM – plugin CRM yang membantu untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan kamu sendiri.

Security

  • UpdraftPlus (Premium) – versi premium plugin dilengkapi dengan incremental backup, automatic backup sebelum pembaruan, dan beberapa lokasi remote storage untuk menyimpan backup kamu.
  • Sucuri Firewall – website firewall dan perlindugan malware.

Masih banyak lagi plugin dan layanan WordPress yang bisa kamu tambahkan. Setiap layanan atau add-on berbayar yang kamu tambahkan akan meningkatkan biaya website WordPress kamu.

Total biaya: Bergantung pada plugin dan layanan WordPress premium yang kamu tambahkan, itu bisa berkisar 5 sampai 10 juta per tahun.

Berapa biaya untuk membuat website bisnis kecil dengan WordPress?

Mungkin kamu bertanya juga tentang berapa biaaya website bisnis kecil dengan WordPress. Jawababannya tergantung pada kebutuhan bisnis kamu dan tools yang akan kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis online kamu.

Pada dasarnya, kamu dapat memperikarakan biaya antara website WordPress paling minimal dan website WordPress dengan lebih banyak fitur.

Ingatlah bahwa kamu tidak menambahkan full fitur eCommerce ke website bisnis kamu. Jika demikian lihat bagian berikutnya dalam artikel ini untuk perkiraan yang lebih akurat.

Jika kamu baru memulai dan membutuhkan website sederhana untuk menampilkan produk dan layanan kamu, maka kami sarankan untuk memulai dengan DewaBiz. Kamu dapat memanfaatkan diskon sampai dengan 75% untuk mengurangi biaya secara signifikan dan akan memberi kamu uang yang dapat dibelanjakan untuk tools premium lainnya jika diperlukan.

Jika kamu memiliki anggara yang lebih fleksibel, kamu dapat menggunakan Cloudways. Mereka dikenal karena supportnya yang luar biasa, ini merupkan hal yang baik untuk dimiliki oleh pemilik bisnis kecil yang bukan berlatar belakang IT.

Selanjutnya kamu perlu mengambil desain untuk website kamu. Kamu dapat mencari tema WordPress untuk website bisnis, atau memilih tema yang responsif yang sesuai dengan kebutuhan.

Kamu dapat memilih tema WordPress gratis. Namun, karena ini adalah website bisnis, kami akan menyarankan kamu untuk membeli tema premium yang memberi kamu akses ke support dan pembaruan.

Sekarang mari kita bicara tentang plugin.

Kami perlu menggunakan kombinasi plugin gratis dan premium untuk mengontrol biaya. Berikut ini adalah beberapa plugin premium yang penting untuk digunakan website bisnis kecil:

Features

  • Fluent Forms (Pro) – versi premium akan memberi kamu akses ke semua fitur yang kamu perlukan untuk menghasilkan prospek. Ini termasuk pembayaran menggunakan Paypal dan Stripe (bisa juga Bank Transfer), conversational form, integrasi dengan telegram atau layanan email marketing, dan banyak lagi.
  • Elementor (Pro) – menambahkan drag & drop website builder ke website WordPress.
  • WP Rocket – plugin caching WordPress premium untuk mempercepat website kamu.
  • Fluent SMTP – meningkatkan pengiriman email dan perbaikan masalah WordPress tidak bisa mengirim email.

Marketing

  • Mailchimp – Salah satu penyedia layanan email marketing terbaik.
  • Google Site Kit – memungkinkan kamu untuk mengakses berbagai tool webmaster Google.
  • SEOPress Pro – meningkatkan peringkat SEO webiste.

Security

  • UpdraftPlus (Premium) – versi premium plugin dilengkapi dengan incremental backup, automatic backup sebelum pembaruan, dan beberapa lokasi remote storage untuk menyimpan backup kamu.
  • Sucuri Firewall – website firewall dan perlindugan malware.

Sekarang ada lebih banyak plugin dan tools yang dapat kamu gunakan. Kami menyarankan kamu untuk terlebih dahulu mencoba versi gratis dan apakah itu cocok untuk kebutuhan kamu. Banyak tools premium menyediakan free trials, manfaatkan itu untuk melihat apakah kamu benar-benar membutuhkan tools tersebut.

Sebagai website bisnis, kamu pasti ingin mengeluarkan uang untuk mengembangkan bisnis kamu. Kami tidak menyarankan kamu tidak membelanjakan uang jika itu masuk akal dan kamu mampu membelinya.

Untuk lebih jelasnya lihat panduan tentang cara membuat website bisnis kecil yang akan kami buat.

Total biaya: Sekali lagi itu bergantung pada tools dan plugin premium yang kamu beli. Ini bisa berkisar 3 sampai 7 juta per tahun, tetapi bisa juga mencapai 10 juta per tahun.

Berapa biaya membangun web eCommerce dengan WordPress?

WordPress mendukung jutaan website eCommerce di seluruh dunia.

Biaya membangun website eCommerce dengan WordPress bisa jauh lebih tinggi, tetapi kami akan menunjukkan kepada kamu cara membangun website eCommerce dengan WordPress sambil menghindari potensi kerugian dan pengeluaran berlebihan.

Selain hosting dan domain, website eCommerce kamu juga memerlukan sertifikat SSL dengan biaya 1 juta per tahun. SSL diperlukan untuk mentransfer data pelanggan dengan aman seperti kartu kredit, nama pengguna, kata sandi, dll.

Kami merekomendasikan DewaBiz. Ini menawarkan kamu domain gratis ditambah diskon untuk hosting, dan ini pilihan terbaik kami untuk awal memulai membangun website eCommerce.

Setelah itu, kamu perlu memilih plugin WordPress eCommerce.

Ada beberapa plugin eCommerce untuk WordPress, tetapi tidak ada yang mendekati WooCommerce. Ini adalah plugin eCommerce WordPress paling populer yang memungkinkan kamu membangun toko online yang powerfull untuk menjual produk atau layanan kamu.

Selanjutnya, kamu perlu menginstall WordPress dan WooCommerce di website kamu. Kami akan segera memiliki panduan tentang cara memulai toko online dengan WordPress.

Meskipun WooCommerce gratis, kamu harus menggunakan add-on berbayar untuk fitur tambahan. Biaya website kamu akan naik tergantung pada berapa banyak add-on yang perlu kamu tambahkan di website kamu.

Kamu juga harus memilih template WordPress WooCommerce-ready untuk website kamu. Ada beberapa template WordPress berbayar dan gratis dengan support untuk WooCommerce. Memilih template premium atau berbayar memberikan kamu akses ke support dan fitur tambahan.

Berikut adalah beberapa plugin dan layanan berbayar lainnya yang kamu perlukan di website eCommerce kamu:

  • Fluent Forms – untuk menambahkan customer inquiry dan feedback form.
  • Elementor (Pro) – menambahkan drag & drop website builder ke website WordPress.
  • WP Rocket – plugin caching WordPress premium untuk mempercepat website kamu.
  • Fluent SMTP – meningkatkan pengiriman email dan perbaikan masalah WordPress tidak bisa mengirim email.
  • Smart Slider (Premium) – membuat slider produk yang indah menggunakan WooCommerce add-on mereka.

Marketing

  • Mailchimp – Salah satu penyedia layanan email marketing terbaik.
  • Google Site Kit – memungkinkan kamu untuk mengakses berbagai tool webmaster Google.
  • SEOPress Pro + Insights – meningkatkan peringkat SEO webiste.
  • FluentCRM – plugin CRM yang membantu untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan kamu sendiri.

Security

  • UpdraftPlus (Premium) – versi premium plugin dilengkapi dengan incremental backup, automatic backup sebelum pembaruan, dan beberapa lokasi remote storage untuk menyimpan backup kamu.
  • Sucuri Firewall – website firewall dan perlindugan malware.

Ingat, cara terbaik untuk menekan biaya kamu adalah dengan memulai dari yang kecil dan menambahkan ekstensi dan layanan seiring pertumbuhan bisnis kamu.

Total biaya: 7.5 sampai 30 juta. Ini bisa lebih tinggi tergantung pada berapa banyak add-on dan layanan berbayar yang kamu tambahkan ke website kamu.

Bagaimana menghindari pengeluaran berlebihan?

Kami selalu menyarankan kamu untuk memulai dari yang kecil dan kemudian meng-scale website WordPress kamu seiring pertumbuhannya. Dalam banyak kasus, kamu tidak memerlukan semua fitur premium yang kamu lihat di banyak website besar di industri kamu.

Perlu diingat bahwa website tersebut memiliki awal yang baik, dan mungkin perlu waktu bagi mereka untuk mengetahui cara mengelola biaya dan mengembangkan bisnis mereka.

Kamu dapat memulai dengan website minimal dengan menggunakan plugin dan template gratis. Setelah kamu mulai mendapatkan pengunjung, kamu dapat mempertimbangkan untuk menambahkan fitur premium seperti template premium, email marketing, live chat, dan sebagainya.

Hal yang sama berlaku untuk website eCommerce kamu. Mulailah dengan minimal dan kemudian saat penjualan mulai berjalan, kamu akan menemukan tools yang tepat yang akan membantu kamu dan pelanggan tentunya.

Kami harap artikel ini dapat menjawab pertanyaan kamu tentang berapa biaya pembuatan website.

Jika kamu menyukai artikel ini, silahkan bagikan ke teman atau sosial media yang kamu miliki. Saran, masukkan dan pertanyaan bisa kamu tulis pada kolom komentar di bawah.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *